Aneka Kuliner Khas Ciamis

Inilah Aneka Kuliner Khas Ciamis

Apakah kalian sudah pernah mencoba??


Siapa yang tak kenal daerah ciamis? salah satu daerah ini terletak di provinsi jawa barat dan berbatasan dengan provinsi jawa tengah. Seperti halnya daerah lain, daerah ciamis pun memiliki potensi wisata yang tak kalah menarik mulai dari situ lengkong panjalu, curug tujuh cibolang panjalu, kampung adat kuta hingga astana gede kawali. Tak hanya itu saja, tempat wisata buatan pun ada di ciamis dan bisa kita temukan saat berkujung ke sana.

           Bicara tentang ciamis sendiri tentu kita akan menemukan kuliner-kuliner khasnya seperti halnya dari daerah lain. Ada beberapa jenis kuliner yang dapat kita temukan di ciamis saat kita berkunjung ke sana. Lantas apa saja  aneka kuliner khas ciamis? berikut paparannya..


Galendo

Inilah Aneka Kuliner Khas Ciamis, Sudah Pernah Mencoba?

Kuliner yang satu ini merupakan kuliner khas ciamis, saat kita berkunjung ke ciamis kita akan menemukan kuliner ini di sentra jajanan khas ciamis dengan berbagai jenis varian rasa galendo yang ditawarkan mulai dari galendo original, galendo rasa buah, galendo rasa susu dan galendo rasa kacang. Sejarah galendo yang menjadi makanan khas ciamis ini tak lepas dari sejarah masa lalu dimana pada masa lalu daerah ciamis menjadi daerah penghasil minyak kelapa yang menghasilkan ampas minyak yang banyak sehingga ampas tersebut diolah menjadi makanan ringan yang dinamakan galendo.



Sale Pisang

Inilah Aneka Kuliner Khas Ciamis, Sudah Pernah Mencoba?

Makanan camilan yang satu ini bukan sesuatu yang asing di ciamis karena tak sedikit warga ciamis yang membuat keripik sale pisang. Berbahan dasar pisang, cara membuatnya tidaklah sulit dimana pisang dipotong beberapa bagian lalu dikeringkan dengan djemur dibawah terik matahari hingga kering dan kemudian digoreng dalam minyak yang panas setelah dibalut dengan adonan tepung. Rasanya yang manis dan crispy saat dimakan tentunya cocok menjadi camilan saat santai. 



Colok Gembrung

Inilah Aneka Kuliner Khas Ciamis, Sudah Pernah Mencoba?

Saat pertama kali mendengar namanya tentu kita akan merasa asing, namun bila kita tahu lebih jauh maka kita akan mengenal kuliner yang satu ini, colok gembrung yang merupakan asli ciamis. Jajanan colok gembrung ini umumnya bisa kita temui di pasar manis ciamis, alun-alun ciamis dan di daerah ciamis lainnya . Colok gembrung sendiri merupakan kuliner sate kikil yang gurih yang sudah ada sejak dulu. Colok gembrung ini memiliki ciri khas dimana bumbu yang digunakan untuk kikilnya menggunakan resep khusus yaitu galendo yang merupakan makanan khas ciamis. Bahan dasarnya sendiri yaitu kulit sapi yang dipotong panjang dan kemudian dimasak bersama bumbu dan setelah matang ditusuk dengan lidi layaknya seperti sate yang kemudian biasanya akan dibungkus dengan daun pisang. Colok gembrung sangat cocok dimakan bersama nasi, meskipun ada sedikit rasa manis dari galendo namun colok gembrung cocok menjadi lauk saat kita sarapan pagi, makan siang ataupun makan malam.

         Demikian paparan tentang aneka kuliner khas ciamis, sobat Mbadogkerst pernah mencobanya? jika pernah mencoba bagaimana rasanya? silahkan sampaikan di kolom komentar dan sampai jumpa di Artikel selanjutnya.

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter